24 Maret 2008

Ketan Durian

Pas hamil Brandon kemaren, Udah lama banget aku ngidam ketan duren (udah mo brojol aja masih pake acara ngidam segala). Biasanya ada yang jual ketan duren ini di daerah BSD sana, tapi udah berapa kali kesana si ibunya nggak jualan ketan duren, katanya duren lagi mahal banget soalnya nggak musim.

Emang bener sih, waktu itu aku lihat di Raja Buah BSD sekilonya Rp. 33.600 dan nggak ada yang dikupas, jadi adanya utuhan gitu, sebijinya paling murah Rp. 97,000 paling mahal Rp. 200,000 lebih gilee nggak tuh... waah kalo harganya selangit gitu nggak dulu deh... ngiler aje…

Pas jalan-jalan ke Gading Serpong, aku iseng-iseng minta ke Mall Serpong buat beli J-Co yang Berry-berry itu, pas lewatin Ranch Market tiba-tiba... eng ing eng... ada duren banyak banget... :D dan banyak yang dikupas pula... Pas ngelihat, harganya ada yang 19 rb, sampe 37 Rb. Aku beli yang 29Rb, isinya banyak, jadi bisa masak banyak biar sampe puuaaas makannya.Langsung deh lupa ama J-Co. bay-bay J-Co…

Sampe rumah belanja ketan, gula merah, kara, trus telpon mami (mamaku) nanyain caranya. Ternyate... gampang banget bikinnya, ketannya aku masak di rice cooker, bikin kincanya kayak bikin kolak biasa... jadinya banyak lagi, aku aja sampe makan 3 mangkok... he he he...


Ketan Durian
Sumber: My Mother Swanty Rahayu



Bahan:
500 gram Beras ketan, cuci bersih
Daun Pandan
Air (untuk memasak ketan)

Kinca:
150gr Gula Merah
100 gr Gula Pasir
750ml Santan
500 gr Durian Daun Pandan
1 sdt Garam
1/2sdt vanili

Cara Membuat:

Ketan:
- Cuci bersih ketan, masak dalam rice cooker beri air sama rata dengan ketan dan daun pandan, masak hingga matang.

Kinca:
- Didihkan Gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan, masak hingga gula merah larut sisihkan.
- Jerang santan sambil di aduk-aduk hingga mendidih, saring rebusan gula merah, campurkan ke dalam santan.
- Masukkan durian aduk-aduk hingga durian tercampur dan mendidih.
- Sajikan ketan dengan di siram kuah kinca.

Tidak ada komentar: