24 Maret 2008

Sate Kambing



Sate kambing ini sebenarnya proyek balas dendam ha..ha..ha.. (evil banget yak), kenapa balas dendam? Karena (apa sih nanyak sendiri dijawab sendiri..) aku tuh selalu sebel sama sate-sate kambing yang dijual-jual ama abang-abang, atau cak-cak itu, karena sate kambingnya banyak lemaknya lah, kadang dikasih hati segala lah malahan kadang dagingnya itu alot banget, sampe susah digigit apalagi ditelen… Pernah sih nemu sate kambing yang enak menurut aku yah, di daerah harkit karawaci sini, tapi harganya itu satu porsi 20ribu. Sayang banget deh aku pikir, makanya aku bertekad bikin sate kambing sendiri. Pas ketemu resep yang oke… cucok bambang deh… :) Ternyata yah bikin sate kambing itu gampang banget… nggak seribet dan sesusah yang aku bayangin, dan hasilnya… waaa muuuaaak nyuuuusss…. :)

Sate Kambing
Sumber: Keluarga Nugraha

Bahan:
1kg Daging kambing sesuai selera, potong dadu
5lbr Daun pepaya, atau
2sdm Meat tenderizer
4sdm Mentega
6sdm Kecap manis
6siung Bawang putih, haluskan
1sdt Ketumbar

Sambal Cabe Rawit:

10ptg Cabe rawit, iris tipis
1bh Tomat, buang bijinya potong kecil-kecil
3siung Bawang merah, iris halus
2 lbr Daun jeruk, iris tipis
Kecap manis sesuai selera

Cara membuat:
- Bungkus daging dengan daun papaya selama 1 jam (kalau aku semalaman), lalu cuci bersih
- Jika menggunakan meat tenderizer, remas-remas daging dengan meat
Tenderizer lalu diamkan 15 menit, cuci bersih.
- Rendam daging dalam campuran bumbu, diamkan semalaman.
- Tusuk daging dengan tusuk sate, baker di atas arang sampai matang, hidangkan dengan sambal cabe rawit.

Tips= Jika menyukai lemak, tusuk selang-seling antara daging dan lemak, lemak jangan ditempatkan di paling atas ataupun paling bawah tusukan.

Tidak ada komentar: